Pemerintah

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menggratiskan biaya pengurusan investasi melalui Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSP). Penggratisan dilakukan mulai pendaftaran hingga penerbitan izin penanaman modal. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel Irman Yasin Limpo mengungkapkan, PTSP merupakan pelaksanaan perizinan atau nonperizinan yang mendapatkan pendelegasian atau pelimpahan wewenang dari lembaga atau instansi yang memiliki kewenangan perizinan yang memproses pengelolaan hingga terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat.

“Waktu perizinan di PTSP dipastikan akan lebih singkat dan mengurangi dana dan merasionalisasi biaya dari pengurusan sebelumnya. Di sini, mulai pendaftaran hingga terbitnya surat izin usaha tidak dipungut biaya alias no cost,” ungkap dia dalam sosialisasi konsep PTSP, kemarin.

Sosialisasi tersebut diikuti seluruh SKPD lingkup Pemprov Sulsel, Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulsel, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, serta anggota Komisi C DPRD Sulsel di ruang PTSP Pemprov Sulsel. Beberapa proses perizinan yang terlayani di PTSP, di antaranya perizinan penanaman modal, penerbitan rekomendasi visa izin tinggal terbatas, fasilitas fiskal dan nonfiskal, serta fasilitasi pelayanan perizinan dan nonperizinan yang terkait penanaman modal di Sulsel. “Hadirnya PTSP ini diharapkan bisa membantu pemilik modal memperoleh kemudahan pelayanan, fasilitas fiskal, dan informasi mengenai penanaman modal dengan mempercepat dan menyederhanakan pelayanan atau menghilangkan biaya pengurusan perizinan,” kata dia kepada wartawan.

Dengan proses perizinan melalui PTSP,maksimal hanya satu pekan dengan syarat berkas lengkap. Meski demikian, untuk tahap awal hanya perizinan penanaman modal. Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan, dengan dibukanya PTSP tersebut, diharapkan kegiatan investasi di Sulsel bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini juga bisa menjadi daya tarik bagi calon investor menanamkan modal di Sulsel. Demikian catatan online blog SEO tentang Pemerintah.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 SEO Hitamku All rights reserved Mas Hari
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia