Pembangunan

Pembangunan saluran air atau drainase dinilai mubazir karena belum mampu mengendalikan banjir yang melanda Kota Makassar setiap tahun. DPRD mengusulkan memperbanyak ruang terbuka hijau dan membangun danau buatan. Ketua Komisi C Bidang Pembangunan Adi Rasyid Ali mengungkapkan, pembangunan drainase selama ini dilakukan tanpa membuat konsep revitalisasi yang baik sehingga Makassar tetap menjadi langganan banjir.

Biaya puluhan miliar yang dialokasikan akhirnya menjadi mubazir. “Pemerintah harus fokus membuat perencanaan pembangunan drainase yang baik di Kota Makassar. Jika perlu mencontoh konsep pembangunan drainase di Malaysia sehingga maksimal dalam mencegah banjir,” ungkap dia kepada SINDOkemarin.

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, seharusnya setiap perbaikan jalan harus disertai pembenahan drainase. Namun, yang terjadi malah sebaliknya, di mana material perbaikan jalan selalu menutup aliran air sehingga pada musim hujan, air tergenang. Bukan hanya itu, pengusaha atau developer yang membangun perumahan tidak menyerahkan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos). Ke depan, pemerintah harus tegas terhadap pengusaha agar fasum dan fasos harus diserahkan ke pemerintah kota. Selain itu, Adi menyarankan pemerintah kota membuat sumur serapan untuk menghindari banjir.

Anggota DPRD Makassar dari Komisi A Bidang Pemerintahan Stevanus Suwardi Liong menambahkan, untuk mengantisipasi banjir, sudah saatnya pemerintah membangun danau buatan untuk mengatasi limpahan air pada musim hujan. Selain itu, perbaikan lahan hutan di dua hulu sungai, yakni Sungai Tallo dan Sungai Jeneberang,harus menjadi perhatian pemerintah. “Yang menyebabkan banjir kan jarak ke laut sangat jauh sehingga aliran air yang mengalir itu tidak sampai ke sana sehingga tergenang pula karena ditunjang drainase yang kurang bagus pula,”papar dia. Pihaknya jugamengakuikonsep pembangunan drainase di Makassar dibangun asal-asalan dan jauh dari konsep ideal untuk penanganan banjir.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar Mujiburrahman juga menilai, pemerintah asal dalam membangun drainase. Drainase yang ada di Makassar tidak mampu membendung air pada musim hujan,akibatnya terjadi banjir hampir di seluruh ruas jalan. Demikian catatan online blog SEO tentang Pembangunan.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 SEO Hitamku All rights reserved Mas Hari
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia