Dua trayek

Dua trayek baru, yakni Km 12 Palembang–Pelabuh an Tanjung Api-Api (TAA) dan Plaju Palembang–Muara Sugihan, kemarin diresmikan. Kedua trayek baru di Kabupaten Banyuasin itu dilengkapi armada bantuan dari Ditjen Perhubungan RI bernama bus perintis. Peresmian bus perintis di Terminal Km 12 dilakukan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin didampingi Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed, Sekda Kota Palembang Husni Tamrin dan sejumlah pejabat Pemprov Sumsel, Pemkab Banyuasin dan Pemkot Palembang.

Diharapkan, kehadiran bus perintis di dua trayek baru yang menyinggung perbatasan Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin ini mampu membuka akses transportasi bagi masyarakat di kawasan terpencil. “Bus milik Damri yang bernama bus perintis ini diharapkan menjadi angkutan perintis bagi trayek kawasan yang masih terisolir,”terang Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Sumsel Sarimuda kemarin.

Sarimuda menambahkan, sejumlah akses transportasi, terutama di kabupaten yang berbatasan dengan ibu kota provinsi, sangat memerlukan tambahan angkutan.“Sebagai perintis trayek, operasional bus masih ditanggung kementerian pusat,”imbuhnya. Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed ditemui seusai peresmian, mengatakan, pengadaan dua trayek baru bus perintis di Kabupaten Banyuasin akan sangat membatu masyarakat, terutama yang masih belum tersentuh akses transportasi.

“Dua trayek ini sudah mulai padat aktivitas masyarakat. Namun, karena belum ada terobosan, maka trayek yang beraktivitas masih trayek-trayek tidak jelas, yang tak mampu memberikan kenyamanan transportasi bagi masyarakat,” terang Amiruddin. Setelah diresmikannya dua trayek baru bus perintis, dia berharap dapat mengantisipasi minimnya akses transportasi, khususnya di Banyuasin. Sebagai contoh, di sepanjang jalur pelabuhan TAA, geliat ekonomi masyarakat sudah sangat aktif.

Namun, hingga kini,masyarakat hanya mengandalkan mobil-mobil travel tanpa trayek. Sedangkan di Kecamatan Muara Sugihan, di mana akses jalan Sembokor sudah dibangun, namun belum memiliki trayek angkutan umum. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Banyuasin Supriyadi menambahkan, operasional bus perintis pada dua trayek tersebut hanya akan beroperasi pada pagi dan siang hari, tepatnya pada pukul 08.00 WIB dan 14.00 WIB. Demikian catatan online blog SEO tentang Dua trayek.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 SEO Hitamku All rights reserved Mas Hari
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia