Angin puting beliung

Angin puting beliung menerjang ibu kota Kabupaten Ogan Ilir,Inderalaya, Selasa (1/3) malam. Akibatnya, puluhan pohon tumbang dan beberapa rumah roboh. Seperti di Km 35 Jalintim Palembang-Inderalaya, sebuah rumah panggung rata dengan tanah dan belasan papan nama ukuran besar dan kecil di pinggiran jalan rusak. Sedangkan di Desa Tanjung Pering dan Permata Hitam Kecamatan Inderalaya Utara, belasan rumah warga, atapnya rusak akibat diterjang angin puting beliung. Menurut saksi mata Irwan, sebelum rumah panggung yang ditinggalinya roboh, terdengar suara angin kencang dari luar disertai hujan sekitar pukul 20.30 WIB.

“Sebentar kemudian, rumah yang terbuat dari kayu ini bergoyang dan seluruh penghuni rumah segera berhamburan ke luar, dan tidak lama berselang, rumah pun roboh,” tuturnya kemarin. Bukan itu saja, rumah lain yang terbuat dari kayu, sebagian besar atapnya terbang terbawa angin. Namun, tidak ada korban jiwa di rumah yang dihuni karyawan PT Harapan Sejahtera tersebut.

Sementara itu, dampak terjangan angin puting beliung juga terasa di Kampus Unsri Inderalaya.Puluhan pohon tumbang, bahkan ada di antaranya yang menutup akses masuk ke kampus. Bahkan salah satu pohon besar menimpa rumah warga yang berada di dekat pagar kampus. Kepala Bagian Rumah Tangga Unsri Ansyori mengatakan, pihaknya belum menghitung berapa kerugian yang timbul.

“Yang jelas, setidaknya 10 pohon besar tumbang, belum termasuk yang patah lalu menimba pagar, kabel telepon, bahkan ada yang menimpa rumah warga,”tuturnya. Petugas kebersihan kampus saat ini sudah dikerahkan untuk membersihkan kampus dari pepohonan yang roboh, khususnya yang berada di jalan, termasuk yang menimpa rumah warga. Menyinggung soal ganti rugi, dia mengaku belum tahu bagaimana kelanjutannya, tergantung kebijakan pimpinan.

Apalagi, kejadian ini merupakan musibah bencana alam. Asisten III Setda Ogan Ilir H Nina mengaku belum menerima data dari Dinas Sosial terkait kerugian korban bencana angin puting beliung yang terjadi di Inderalaya, Selasa malam. Meskipun demikian, lanjut Nina, bukan berarti pemkab tidak siap karena semua sudah ada protapnya, seperti bentuk bantuan yang disediakan untuk korban bencana. Nina menambahkan, kabupaten Ogan Ilir memang rawan bencana alam angin puting beliung dan banjir serta kebakaran hutan. Demikian catatan online blog SEO tentang Angin puting beliung.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 SEO Hitamku All rights reserved Mas Hari
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia